You are here
Home > Berita Terkini > Sosialisasi Pemilu di Fakultas STAIM

Sosialisasi Pemilu di Fakultas STAIM

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mempawah tak henti-hentinya melakukan sosialisasi Pemilu untuk pemilih cerdas menuju Pemilu yang berkualitas di Kabupaten Mempawah. Demikian pula judul sosialisai yang dilaksanakan di Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah. Komisi Pemilihan Umum bekerja sama dengan Fakultas tersebut melakukan sosialisasi pada tanggal 12 Oktober 2016.

Sosialisasi Pemilu tersebut dihadiri oleh Ketua Staim Bapak Helmi bersama anggota lainnya serta mahasiswa/mahasiswi. Sedangkan dari pihak Komisi Pemilihan Umum hadir Ketua KPU Kab Mempawah dan Anggota beserta Sekretariat KPU Mempawah.

staim1

Dikatakan oleh bapak Helmi secara ringkas bahwa fakultas Staim siap bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum dalam kegiatan-kegiatan baik sosialiasasi ataupun kegiatan lainnya.

Dalam sosialisasi ini tujuan utamanya agar dapat menggugah partisifasi semua pihak masyarakat Kabupaten Mempawah dalam mensukseskan Pelaksanaan Pemilu. Maka dari itu sosialisasi sangatlah penting dan termasuk dalam salah satu tugas dan fungsi Komisi Pemilihan Umum sebagaimana tercantum dalam amandemen UUD Republik Indonesia Tahun 1945, banyak terbentuk Lembaga-Lembaga baru di Indonesia, salah satunya  Komisi Pemilihan Umum yang merupakan Penyelenggara Pemilu sebagai mana tercantum pada pasal 22E ayat (5). Komisi Pemilihan Umum bersifat nasional, tetap dan mandiri. Pemilihan Umum  dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil yang dilaksanakan setiap 5 tahun sekali. Pemilihan Umum  dilaksanakan untuk memilih Anggota DPR, Anggota DPD, Presiden dan Wakil Presiden dan Anggota DPRD ( Pasal 22E Ayat (1).

staim2

Setelah terbitnya Undang-Undang No 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah sebagaimana telah diubah terakhir dengan Undang-Undang No 12 Tahun 2008 dan juga Pasal 10 ayat (1) Undang-Undang No 22 Tahun 2007 Tentang Penyelenggara Pemilihan Umum dinyatakan Tugas dan wewenang KPU Kabupaten/Kota dalam penyelenggaraan Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dimana huruf (o) menyatakan tugas dari KPU Kabupaten/Kota menyelenggarakan sosialisasi penyelenggaraan Pemilu dan/atau yang berkaitan dengan tugas dan wewenang KPU Kabupaten/Kota kepada masyarakat begitu juga pada saat Pemilu Presiden dan Pemilu Kada.

Untitled-1

Selain itu Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mempawah berusaha sejak dini untuk menginformasikan kepada masyarakat melalui Pemilih Pemula, Siswa SMA/SMK sederajat yang ada di Kabupaten Mempawah guna bisa disebar luaskan nantinya kepada masyarakat sekitar sehingga mereka mendapat informasi sejak dini mengenai Pemilihan Umum utamanya pada saat pencalonan pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah ditingkat Propinsi maupun Kabupaten. Hakekat Pemilihan Umum untuk memilih lembaga – lembaga eksekutif dan legislatif dalam menahkodai negara ini, maka dari itu Pemilihan Umum sangat penting dilaksanakan guna mencerminkan pilihan rakyat yang berkompeten memimpin bangsa menuju kemajuan dalam berbagai bidang .

Sosialisasi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mempawah belumlah usai dan nantinya turun langsung ke sekolah – sekolah, Agenda ini menandakan begitu aktifnya dan tanggung jawab yang begitu besar lembaga penyelenggara pemilu untuk mensukseskan Pemilihan Umum kedepan baik Pemilu Legislatif, eksekutif maupun Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah ditingkat Provinsi/Kabupaten. (Hr)

Top