You are here
Home > Galeri Pilpres > Gelar Pleno DPTHP 2, Pemilih di Mempawah Bertambah 3501 Pemilih

Gelar Pleno DPTHP 2, Pemilih di Mempawah Bertambah 3501 Pemilih

KPU Kabupaten Mempawah telah melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil perbaikan (DPHTP-2) untuk Pemilu 2019 mendatang.

Rapat pleno yang dilaksanakan di Wisma Candradimidi Kabupaten Mempawah di pimpin langsung oleh Ketua KPU Mempawah beserta Komisioner KPU, dan juga turut di ikuti oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Mempawah Akhmad Amiruddin.

Kemudian, turut pula hadir perwakilan dari tiap-tiap PPK Kecamatan serta partai politik peserta Pemilu 2019 mendatang.

Katua KPU Kabupaten Mempawah M. Agoes Soesanto memaparkan bahwa dari hasil Rapat Pleno ini, DPT di Kabupaten Mempawah bertambah menjadi 189.144 pemilih, yang mana sebelumnya sebanyak 185.643 Pemilih.

Agus menungkapkan bahwa ada sebanyak 3501 pemilih yang bertambah sejak DPHTP-1.

Ia memaparkan, adanya penambahan ini juga merupakan karena faktor adanya data turunan dari pusat sebanyak 22 ribu orang yang masuk dalam kategori DP4 Non DPT dari Dirjen Atminduk RI.

“Kemarin ada penyampaian dari Pusat ada 31 Juta Pemiih yang masuk dalam DP4 NON DPT, dan kita kecipratan sebanyak 22 ribuan, dan setelah kita lakukan coklit terbatas dengan melibatkan berbagai pihak, dan kita juga melakukan faktual di bawah, dan akhirnya dapat sekitar 3 ribuan lebih yang kita masukkan kedalam pemilih baru.

“Dan sisanya itu, setelah kita susur datanya sudah masuk kedalam DPT, jadi hanya 3 ribuan yang belum masuk dan sudah kita tetapkan saat ini masuk kedalam DPHTP-2,”timpalnya.

Ketua KPU mengungkapkan bahwa sejak penetapan DPHTP-1 pada bulan September lalu, bila di hitung secara keseluruhan, terdapat penambahan sebanyak 4191 pemilih baru, namun setelah di teliti lebih lanjut, sekitar 690 pemilih ternyata TMS (tak memenuhi syarat), sehingga pihaknya hapuskan dari data yang ada.

“Dari perjalanan nya itu ada yang kita TMS kan, baik itu karena ganda, meninggal, tidak berdomisili, dan lain sebagainya itu ada 690, jadi kalau kita kurang kan ya itu ada 3501 pemilih,”jelas Ketua KPU.

*Admin Media Center KPU Mempawah

Tinggalkan Balasan

Top